Halo bro/sis sekalian, Real Streetfighter 150cc yang digadang-gadang para FBYπ bikers sudah menampakkan batang hidungnya di Negeri Gajah putih nih bro/sis, sebenernya juga udah muncul sih di berbagai wilayah Negeri tercinta kita, tapi baru ditest saja
Nah, menariknya Yamaha Thailand melabeli motor ini bukan dengan nama besar “Master of Torque” (MT15) melainkan M-Slaz nih bro/sis, dan kabar berhembus pun mengatakan bahwa YIMM juga tidak akan menggunakan nama MT-15 untuk motor ini melainkan Xabre, wah ribet banget ya? padahal nggak juga loh, pengucapannya simpel kok… saber.
Bagi kebanyakan bikers nama ini cukup mengecewakan tentunya, karena nama MT-15 jelas lebih terdengar berwibawa dibandingan M-Slaz/Xabre yang maaf… menurut saya malah terdengar kurang berwibawa, lebih cocok untuk produk ABG, misal versi ayago MX King π
Nah, tentunya bikers jadi bertanya-tanya Kenapa Yamaha tidak menggunakan nama MT-15?
Apakah M-Slaz/Xabre tidak pantas menyandang nama besar MT?
Nah mari kita coba jawab dari apa yang ada pada motor ini…
MESIN/PERFORMA
Di sektor ini M-Slaz/Xabre menggunakan mesin yang sama dengan R15
Displacement :149 cc
Maximum Power : 16.8 Bhp / 12.527 kW @ 8500 rpm (approx.)
Maximum Torque : 15 Nm @ 7500 rpm (approx.)
Gearbox : 6 speed
Seat Height : 805 mm
Ground Clearance : 164 mm
Kerb/Wet Weight : 135 kg
Fuel Tank Capacity : 10.2 litres
dulu pernah baca di blog bloger kondang mansarpost (salam kenal om, kalau sudi membaca blog pinggiran ini hehe :D) bahwa MT tulen punya nilai Torsi (Nm) lebih tinggi bila dibandingan nilai Power (kW), kecuali MT-25 π silakan baca opininya om mansar disini.
So, di sektor ini M-Slaz/Xabre sangat cocok menyandang nama besar Master of Torque… MT-15.
DESAIN
Disini M-Slaz punya aura yang sangat bengis
Pertama head lamp yang ngeri, kemudian ada shourd yang tajam seperti pedang
Keseluruhan desainnya sangar khas MT-series (bagus atau tidaknya itu urusan selera :D).
TAPI, ada satu yang kurang menunjukan identitas MT-Series nya, mesin yang “disarungi”, padahal MT-Series selalu menelanjangi bagian mesinnya yang padat, Sebut saja MT-125 yang tidak malu-malu menunjukkan area mesinnya.
disini M-Salz/Xabre punya satu kekurangan yaitu identitas MT-Series tidak ditunjukkan secara penuh, tapi tetap identitas sebagai MT-Series masih cukup kuat melekat di motor ini dengan desain sangar-nya masih cukup pantas lah menyandang nama MT-15.
Nah ini opini pribadi saya bro/sis, M-Slaz/Xabre lebih cocok menggunakan nama MT-15, dari sisi marketing pun MT-15 lebih menjual. Tapi tentunya pabrikan punya pertimbangan sendiri pada produknya…
So Yamaha, kenapa tidak MT-15?
salah satu ciri utama pada desain mt-series adalah ada kisi2 udara di kedua sisi tangki.
LikeLiked by 1 person
nah ini yg luput dari ane, bener juga kalau M-Slaz/Xabre masuk ke jajaran MT bakal paling beda dalam sisi desain, tapi secara performa mesin-nya udah cocok loh buat masuk ke jajaran MT
LikeLike
hahahahaha mt15 terlalu gagah π
https://mbah69anom.wordpress.com/2016/01/08/grup-anti-warungasep-net-di-bentuk/#more-183
LikeLike
tapi MT lebih cocok loh mbah hehehe daripada M-Slaz/Xabre yg terkesan keabegeh-abegehan π
LikeLike
mt bagusnya untuk DOHC engine 150cc untuk kedepannya.
nah klo buat yg mau di launching kita kasih nama FZ saja π
LikeLike
Nah FZ mungkin lebih cocok
Tapi kalau mau keluarin DOHC 150cc lagi saat M-Slaz masih hidup malah Y sendiri yang bisa berdarah2
Kecuali kalo setelah M-Slaz FIX gagal (gak ngedo’ain ya :D) baru tepat nih DOHC 150cc dikeluarin
LikeLike
joooss.. π
kaidah penamaan produk motor Yamaha saiki udah nggak baku, semau-maunya dia aje.. π
LikeLike
iya mas bro, bukan mau menggurui tim branding Yamaha sih yg jelas lebih berpengalaman n bekompetensi π tapi sekedar menyampaikan unek-unek dari sudut pandang konsumen aja lah π
LikeLike
Iya..
Ya semoga aja kualitasnya jauh lebih keren dibanding namanya ya.. π
LikeLike
Nama M-Slaz masih mendingan sih drpd Xabre gan.. Tp mungkin krn masih awam kali ye..
LikeLike
yoi mas bro, tentunya tim brandingnya yamaha lebih tau apa yang terbaik buat broduknya
kita mah sebagai konsumen cuma berpendapat aja π
LikeLiked by 1 person
Siiippp..
LikeLike